title image

Green Washing VS Green Packaging: Pahami Perbedaannya!

Green Washing VS Green Packaging: Pahami Perbedaannya!

non toxic, eco friendly

Dewasa ini, pelaku bisnis dan para konsumen semakin melek dengan Kepedulian Lingkungan. Namun, sangat disayangkan bahwa tidak semua pelaku bisnis melek untuk memilih packaging yang benar aman untuk lingkungan dan planet kita ini. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk melek dan memahami kedua istilah seperti “green washing” dan “green packaging” yang sering kali digunakan orang-orang dalam mengkritik produk yang membranding diri sebagai ramah lingkungan. Meskipun kedengarannya mirip, keduanya mewakili konsep yang sangat berbeda dengan dampak yang signifikan bagi konsumen, bisnis, dan planet ini. Mari kita pelajari perbedaan kedua kata ini!

Greenwashing: Praktik yang Menyesatkan

Greenwashing mengacu pada praktik menyesatkan di mana perusahaan mengklaim secara berlebihan atau palsu bahwa mereka ramah lingkungan atau berkelanjutan dalam produk, layanan, atau praktik korporat mereka.

Karakteristik Green Washing

  • Klaim Menyesatkan: Perusahaan mungkin menggunakan istilah yang kurang jelas atau tanpa bukti seperti “eco-friendly,” “alami,” atau “hijau” tanpa menyediakan bukti atau sertifikasi yang konkret untuk mendukung klaim tersebut.
  • Tindakan Simbolis: Perusahaan mungkin menyoroti inisiatif lingkungan minor sambil mengurangi dampak lingkungan yang lebih signifikan dari operasi mereka.
  • Reputasi Lebih dari Kenyataan: Tujuan utama dari greenwashing seringkali adalah untuk meningkatkan citra atau reputasi perusahaan sebagai bertanggung jawab terhadap lingkungan tanpa melakukan perubahan yang signifikan dalam praktik mereka.

Dampak Green Washing

Greenwashing dapat menyesatkan konsumen untuk membuat pilihan berdasarkan klaim lingkungan palsu yang tidak memiliki bukti yang jelas, yang dapat merusak upaya nyata untuk mempromosikan keberlanjutan dan perlindungan lingkungan. Hal ini juga dapat menciptakan sikap skeptis dan ketidakpercayaan di antara konsumen, membuat lebih sulit bagi bisnis yang benar-benar berkelanjutan untuk mendapatkan pengakuan dan kredibilitas. Selain itu, dengan memberikan komitmen yang palsu, pada akhirnya penggunaan produk Green Washing akan mempengaruhi lingkungan dan mahluk hidup ke arah yang tidak baik.

Contoh Green Washing

Penggunaan plastik berbahan oxo. Plastik berbahan oxo mengklaim dirinya sebagai packaging Ramah Lingkungan. Nyatanya, plastik berbahan oxo hanya terfragmentasi menjadi mikroplastik yang pada akhirnya mencemari tanah dan air, hingga akhirnya ikut masuk dalam rantai makanan mahluk hidup, termasuk manusia.

Dalami Miskonsepsi Tentang Plastik Oxo-degradable selengkapnya disini

Green Packaging: Komitmen yang Nyata

Green packaging mengacu pada bahan dan praktik kemasan yang dirancang untuk meminimalkan dampak lingkungan sepanjang siklus hidupnya, mulai dari produksi hingga pembuangan.

Karakteristik Green Packaging

  • Bahan Berkelanjutan: Green packaging sering melibatkan penggunaan bahan yang dapat diperbaharui, dapat didaur ulang, atau dapat terurai secara alami untuk mengurangi limbah dan konsumsi sumber daya.
  • Desain Efisien: Ini menekankan desain kemasan yang mengoptimalkan ruang, mengurangi berat, dan meminimalkan penggunaan bahan berlebih.
  • Pertimbangan Siklus Hidup: Green packaging mempertimbangkan seluruh siklus hidup kemasan.

Dampak Green Packaging

Green packaging dapat secara signifikan mengurangi kerusakan lingkungan yang terkait dengan limbah kemasan, seperti polusi, akumulasi di tempat pembuangan akhir, dan penipisan sumber daya. Ini mencerminkan komitmen nyata terhadap tanggung jawab lingkungan dan dapat berkontribusi pada membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Contoh Green Packaging

Kantong Singkong yang terbuat dari Resin Enviplast adalah salah satu contoh Packaging yang Ramah Lingkungan. Raw Material kami sudah teruji DIN CERTCO dan SNI Ekolabel yang berarti sudah tersertifikasi Compostable Material. Untuk selengkapnya dapat pelajari lebih lanjut disini atau hubungi kami.

Jadi Mengapa Perlu mengerti Green Washing dan Green Packaging?

Greenwashing maupun green packaging berkaitan dengan kepedulian lingkungan, mereka berlawanan dalam hal integritas dan dampak. Jika kita memilih klaim untuk suatu produk dengan benar, kita bisa mendukung gerakan nyata untuk mengurangi dampak lingkungan melalui desain dan praktik kemasan yang bertanggung jawab.

Penting untuk menyaring klaim lingkungan secara kritis dan mendukung inisiatif yang prioritas transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan yang nyata. Dengan melakukan hal tersebut, kita dapat mendorong pasar untuk mempromosikan praktik yang benar-benar berkelanjutan, dan mengurangi praktik menyesatkan seperti Green Washing, dengan tujuan utama untuk merawat planet ini, for greener future!

Related Articles

No Comments
Leave a Comment: